Peminatan Geofisika

Satu-satunya Departemen di Universitas Indonesia yang melakukan penelitian dan meyelenggarakan perkuliahan tentang ilmu kebumian bawah permukaan tanah adalah Departemen Fisika yang didalamnya terdapat  peminatan Geofisika. Geofisika adalah ilmu yang mempelajari bumi berdasarkan prinsip-prinsip ilmu Fisika, meliputi mekanika, gelombang, elektromagnetik dan kalor. Pemahaman dasar-dasar ilmu fisika diberikan mulai dari semester 1 hingga semester 4. Mulai semester 5, mahasiswa akan dikenalkan dan diajarkan ilmu geologi dasar dan geologi struktur.

Peminatan Geofisika baru dikembangkan pada tahun 1982, meskipun Departemen Fisika itu sendiri telah didirikan sejak tahun 1961. Pengembangan kurikulum dan penelitian Peminatan Geofisika lebih diarahkan pada aspek eksplorasi, baik dalam bidang seismik maupun geofisika potensial, sehingga lebih berorientasikan pada pengembangan aplikasi geofisika untuk eksplorasi migas, eksplorasi geothermal dan pertambangan.

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Eksplorasi Geofisika (Akuisisi Data, Processing, Analisis dan Interpetasi Data) yang bertumpu pada penguatan aspek Konsep Dasar Geosains, Komputasi Numerik dan Aplikasi langsung di lapangan dalam Eksplorasi Migas, Geothermal, Batubara dan Mineral. Lulusan Peminatan ini memiliki kompetensi di bidang : Geologi, Komputasi Numerik (Matlab, Fortran, dsb), Metoda Geoelektrik dan Elektromagnetik, Metoda Gravitasi, Metoda Geomagnetik, Metoda Seismik, Instrumentasi Geofisika, Eksplorasi Perminyakan, Eksplorasi Geothermal dan Geofisika Pertambangan.

Peminatan Geofisika telah menjalin kerjasama dengan sejumlah institusi pemerintah maupun swasta dalam bidang penelitian dan pendidikan (Kuliah Kerja Praktek dan Tugas Akhir), diantaranya:

  1. PT. Pertamina (Persero)
  2. PT. Total Oil Indonesia (Balikpapan)
  3. Chevron
  4. PT. Elnusa Tbk
  5. PT. Antam (Persero) Tbk
  6. PT. Pertamina Geothermal Energy
  7. Star Energy
  8. Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi
  9. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  10. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Sarana laboratorium bagi mahasiswa peminatan geofisika adalah

  1. Lab. Geofisika
  2. Lab. Pemodelan Geofisika