Fisika Nuklir & Partikel

Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis serta kompeten dalam bidang Teori Fisika Nuklir dan Fisika Partikel serta mampu menganalisis dan memprediksi peristiwa alam di bidang tersebut. Bidang kompetensi lulusan ini adalah: Fisika Nuklir dan Partikel, Pemrograman Komputer, serta bidang-bidang lain yang terkait.

Topik-topik yang diteliti pada peminatan ini meliputi produksi elektromagnetik kaon, hyperon, dan nuklir hiper, serta interaksi nukleon-nukleon, nukleon-hyperon, serta meson-nukleon. Di samping itu beberapa topik seperti kosmologi, bintang netron, gravitasi, pelanggaran paritas, simetri SU(6), serta plasma quark-gluon juga secara aktif dipelajari oleh anggota peminatan ini.

Fasilitas yang dimiliki meliputi sebuah komputer klaster dengan 32 CPU core, laboratorium teori, serta yang tidak kalah pentingnya adalah kolaborasi dengan peneliti terkait dari negara-negara maju seperri Amerika, Jepang, Korea, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan.

Peminatan Fisika Nuklir dan Partikel Teoretis bersama-sama dengan konsorsium Grup Fisika Teoretik Indonesia (GFTI) turut serta berusaha mempromosikan fisika teori di Indonesia ke jenjang internasional.

Alumni peminatan ini tersebar di tanah air serta manca negara, bekerja di industri, institusi penelitian, serta institusi pendidikan. Termasuk alumni peminatan ini adalah Dr. Suharyo Sumowidagdo (CERN), Dr. Alvin Kiswandhi (NTU, Taiwan) Dr. Ihsan Amin (TU Dresden, Jerman), dan Prof. Dr. Yohanes Surya (STKIP Surya).

 

Staf Pengajar yang aktif dalam penelitian dan pengajaran di peminatan ini adalah:

  Staf Bidang Keahlian
1. Dr. Agus Salam Foto- dan Elektroproduksi Meson pada Inti Ringan, Hamburan dan Interaksi Meson-Baryon, Interaksi Partikel dengan Materi (Stopping Power)
2. Prof. Dr. Anto Sulaksono Relativistic Mean Field Theory, Many-Body Physics, Neutron Stars
3. Dr. Handhika Ramadhan Teori Gravitasi, Teori Relativitas Umum
4. Dr. Imam Fachruddin Few-Body Physics, Interaksi Nukleon-Nukleon, Interaksi Nukleon-Hyperon
5. Dr. L. T. Handoko          CP Violation, SU(6) Symmetry, Quark-Gluon Plasma
6. Prof. Dr. Terry Mart Fisika Hadronik, Fisika Nuklir Hiper, Foto- dan Elektroproduksi Kaon

 

Contoh publikasi riset Peminatan Nuklir dan Partikel Teoretis dapat dilihat disini.

 Beberapa kegiatan Kelompok Peminatan Fisika Nuklir dan Partikel Teoretis

 

Kegiatan penelitian serta belajar di dalam Laboratorium

 

Presentasi poster hasil penelitian anggota peminatan di International School for Strangeness Nuclear Physics, JPARC, Tokai, Jepang, Februari 2014. Tampak di kiri Prof. Thomas Cohen dari University of Maryland.